Home » » Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat

Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat

Written By Unknown on Senin, 10 Juni 2013 | 09.19

Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat ~ kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi masalah komputer yang bekerja lambat. Sering kita jumpai pada saat menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas ataupun hal lainnya terasa lambat dan itu hal yang sangat menjengkelkan. Mungkin biasanya kita melakukan install ulang pc atau laptop sehingga kinerjanya bisa kembali seperti semula. Atau bisa juga dengan melakukan upgrade pada komponen seperti mengganti ram, meningkatkan kapasitas harddisk dan sebagainya. Namun sebelum anda melakukan hal itu sebaiknya anda perhatikan apa sebenarnya yang membuat komputer atau laptop anda menjadi lambat.
Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat
Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat
Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat agak susah-susah gampang karena diperlukan pengetahuan seputar teknologi komputer. Bagi anda yang sudah familiar dengan ilmu komputer pasti tidak akan susah untuk memahami penjelasan ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatasi masalah komputer yang lambat yaitu :

1. Virus dan spyware merupakan hal yang paling mengganggu karena ini akan membuat berat kinerja komputer kita. Virus ini biasanya menggandakan diri dengan sangat banyak sehingga kapasitas hardisk bisa menjadi penuh dan menjadikan komputer sebagai ladang sampah dan hasilnya komputer menjadi lambat serta dapat merusak, menyembunyikan bahkan menghapus file. Spyware merupakan program mata-mata yang tanpa disadari terinstall di komputer atau laptop kita. Program ini membuat berat komputer karena menggunakan memory yang cukup besar pada saat kita online. Spyware ini mengirim data-data komputer kita ke pembuat program ini tanpa kita sadari. Cara mengatasinya yaitu :
- Indentifikasi dan analisa process yang sedang berjalan dengan windows task manager.
- Identifikasi dan non aktifkan service yang bersangkutan melalui management console.
- Identifikasi dan non aktifkan service yang ada di startup item dengan sistem configuration utilty.
- Cari dan hapus entry di registry yang ada pada startup.
- Identifikasi dan hapus file yang mencurigakan.
- Install dan gunakan spyware detection dan removal.
- Gunakan anti virus yang selalu di update.

2. Processor Overheating yaitu processor yang terlalu panas hal ini berakibat kinerja komputer menjadi lambat karena ini merupakan otak komputer yang suhunya harus tetap terjaga. Untuk itu komponen ini memiliki pendingin khusus yang berisi kipas. Biasanya processor panas karena kipas tidak berfungsi di akibatkan debu yang terlalu banyak menempel serta fan motornya rusak. Untuk mengatasinya bersihkan kipasnya agar debu tidak mengahalangi perputaran kipas.

3. Ram yang kurang bagus berdampak pada kinerja komputer dikarenakan oleh 
- Ram timing lebih lambat dari spesifikasi mesin yang optimal.
- Ram terlalu panas.
Untuk itu diperlukan ram yang bagus.

4. Hardisk yang sering mengalami failure ini juga dapat membuat komputer lambat karena 
- Akses time yang lambat
- Jumlah bad sector yang terus meningkat saat di scandisk atau di chkdsk
- Gagal Boot

Untuk mengecek kondisi hardisk bisa dilihat secara fisik biasanya kalau mulai berbunyi berisik mungkin komponen di dalam hardisk tersebut ada yang longgar. Kita juga bisa menggunakan tools untuk memeriksa kinerja hardisk bisa anda cari di google. 

Untuk meningkatkan kinerja hardisk kita juga dapat melakukan Disk Fragmentation sebagaimana karakteristik file dalam sebuah komputer pasti mengalami proses file tersebut di add, di edit, atau di hapus, hal tersebut dapat menyebabkan fragmentasi di beberapa areal sektor harddisk, untuk itu kita perlu merapihkan data di komputer kita, yaitu dengan mendefrag nya.

5. Windows Services juga berpengaruh karena secara default service yang di windows berjalan semua, walaupun secara langsung kita tidak tahu apakah kita membutuhkannya atau tidak, service tersebut bisa di akses dari control panel, administrative tools dan service, banyak service-service yang tidak diperlukan yang bisa hentikan, dengan begitu kita bisa menghemat ram yang terpakai di komputer dan otomatis komputer bisa berjalan lebih baik, beberapa service yang harus diperhatikan dan dimatikan jika kita tidak membutuhkanya adalah:
- FTP 
- Indexing Service
- Remote Registry
- Telnet
- Remote Access
- Remote Desktop
- Automatic Update
6. Process yang invisible terkadang tanpa kita ketahui banyak program yang berjalan di memory, padahal kita sudah tidak menggunakanya lagi atau bahkan kita sudah menguninstallnya namun programnya masih ada yang berjalan, untuk itu kita harus memperhatikan process apa saja yang sedang berlangsung di komputer kita dengan melihat task manager, dan kita bisa end task kan atau disable, lalu kita bisa hapus .exe nya.

7. Background applications yaitu gambar latar belakang komputer atau laptop yang biasanya bergantian dalam waktu beberapa menit yang banyak memakan memori serta banyak icon terpasang di dekstop, semakin banyak icon yang terpasang menyebabkan komputer semakin lambat merespons proses, karena memory banyak yang terpakai untuk proses itu, sehingga untuk itu kita perlu mematikanya atau menon aktifkan yang tidak diperlukan.
8. File system issu merupakan pemberitahuan tentang file sistem yang mengalami masalah ini juga dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat.
9. Banyak Program berat dan tak terpakai terinstall di komputer atau laptop. Hal ini memakan banyak memory karena program ini memiliki service-service yang berjalan tanpa kita ketahui. Jadi bila kita tidak membutuhkan program tersebut lebih baik di unistall saja untu meringankan kinerja komputer.
10. Komponen Komputer yang sudah lama. Hal ini sangat berpengaruh karena komponen komputer memiliki umur yang terbatas. Namanya juga barang elektronika tidak ada yang abadi. Semakin sering digunakan semakin pendek umur komponen tersebut. Disarankan lakukanlah pergantian atau upgrade terhadap komponen yang sudah tua.
Itulah sedikit dari sekian banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyebab kinerja komputer menjadi lambat. Cara di atas merupakan penanganan pertama namun jika cara di atas tidak berfungsi maka gunakan cara terakhir yaitu melakukan install ulang atau pun upgrade komputer anda.
Itulah mengenai Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat semoga bermanfaat buat anda.
Share this article :

Like Fanspage and Follow Twitter


 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua
Copyright © 2013. Blog SEO Arul - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger