Home » , , » Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk

Written By Unknown on Sabtu, 22 Juni 2013 | 08.04

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk itulah artikel yang akan saya informasikan buat anda. Jika anda memiliki sebuah komputer atau laptop yang memiliki hardisk berkapasitas besar sebaiknya anda membuat atau membagi partisi hardisk lebih dari satu. Karena selain untuk mengatur tempat penyimpanan file dapat juga membuat hardisk mudah di tata jika ingin menginstall 2 sistem operasi. Selain itu dapat juga berpengaruh terhadap kecepatan komputer.
Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk
Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk
Membuat atau membagi suatu partisi di hardisk bertujuan untuk meringankan kinerja komputer karena di akibatkan oleh hardisk yang penuh. Cara ini juga bisa digunakan dalam menginstall 2 sistem operasi karena masing-masing sistem operasi harus di install di drive yang berbeda dan untuk menginstallnya perlu dibuatkan multiboot di fd

Untuk dapat mengetahui bagaimana Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk diperlukan pemahaman sedikit tentang komputer. Membagi dan membuat partisi sebenarnya sudah di sediakan oleh sistem operasi seperti windows. Namun disini saya menggunakan software yang namanya Easeus Partition Master karena fitur di dalamnya sangat lengkap. Software easeus ini merupakan andalan di kelasnya dan banyak juga yang menggunakannya. Easeus partition sendiri ada yang berbayar dan gratis serta software ini juga support pada sistem operasi windows 2000 / XP / Vista / Windows 7 / Windows 8. Untuk mendownload sofware ini diperlukan koneksi yang cepat karena kapasitasnya lumayan besar. Sebaiknya anda baca cara mempercepat koneksi internet.

Sebelum membuat atau membagi partisi di hardisk komputer ada yang kita harus ketahui terlebih dahulu yaitu : 
1. Tutup semua aplikasi yang terbuka.
2. Sebaiknya backup data penting anda.
3. Perhatikan kapasitas hardisk anda yang mana yang mau di tambah atau dikurangi. Contoh di hardisk komputer anda terdapat 2 partisi yaitu C dan D masing-masing berkapasitas 100G dan 400G. Jika anda ingin membuat partisi baru dengan nama E dengan kapasitas 150G maka anda harus mengambil size dari partisi yang size kosongnya banyak maka anda mengambil sebagian kapasitas D.

Setelah anda memperhatikan hal di atas maka kita akan mulai dengan membagi partisi C untuk membuat partisi I. Contoh disini telah ada 4 partisi yaitu C G E F. Berikut Langkah-langkahnya :
1. Download dulu sofware Easeus Partition Master di http://www.partition-tool.com/personal.htm 
2. Kemudian jalankan sofwarenya easeus nya.
3. Klik kanan drive C lalu pilih resize/move.

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk

 
4. Setelah itu muncul halaman seperti gambar di bawah. Geser kekiri dengan mouse kotak yang berwarna bitu untuk menentukan berapa besar sizenya. lalu klik ok.

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk

5. Perhatikan gambar dibawah ini. Sudah terlihat space kosong hardisk yang akan di buat partisi. letaknya di sebelah kanan drive C.
Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk
6. Seletah itu klik kanan pada unlocated yang berada di bawa drive C pada bagian atas gambar diatas kemudian Create Partition maka akan muncul gambar di bawah ini.

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk

7. Silahkan isikan nama drive atau partisi di Partition Label bisa juga tidak kemudian klik ok. Lalu pada langkah awal gambar paling pertama terdapat menu Apply pada bagian kanan atas. Klik menu tersebuat lalu otomatis Easeus partition master ini akan melakukan proses pembuatan patisi baru. Lalu setelah selesai restart komputer anda untuk melihat hasilnya.

Itulah artikel tentang Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk semoga bermanfaat buat anda.
Share this article :

Like Fanspage and Follow Twitter


 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua
Copyright © 2013. Blog SEO Arul - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger