Home » , » Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer

Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer

Written By Unknown on Senin, 01 Juli 2013 | 20.24

Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer itulah tema artikel kali ini. Istilah Database  dalam pemrogram sudah sering kita dengar karena untuk membuat sebuah aplikasi komputer diperlukan suatu database untuk mendukung aplikasi tersebut walaupun tidak semuanya memakai database dan manfaat dari itu sangat besar bagi aplikasi komputer yang di buat. Pengertian database sendiri menurut Menurut Toni Fabbri yaitu database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data. Sedangkan Menurut S. Attre database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi dengan macam-macam pemakaiannya. 

Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer
Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer
Dari sumber-sumber lain menjelaskan bahwa database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga menggunakan suatu program atau aplikasi komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database juga merupakan representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer merupakan susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Komponen dari database itu sendiri yaitu :
- Hardware atau perangkat keras merupakan penyimpanan database tersebut
- Software atau perangkat lunak merupakan aplikasi pembuat database seperti MySQL dll.
- Data merupakan kumpulan file-file yang terintegrasi.
- User merupakan pembuat program aplikasi.
- End User merupakan pengguna dari aplikasi tersebut

Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer yaitu :
- Sebagai komponen utama dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi. Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi.
- Mengatasi kerangkapan data (redundancy data)
- Menghindari terjadinya inkonsistensi data
- Mengatasi kesulitan dalam mengakses data
- Menyusun format yang standar dari sebuah data.
- Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). 
- Bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
- Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap masing-masing data.
- Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.
 
Itulah mengenai Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer semoga bermanfaat buat anda.
Share this article :

Like Fanspage and Follow Twitter


 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua
Copyright © 2013. Blog SEO Arul - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger